Sabtu, 22 Januari 2011

HGN KARAWANG :ANI GURU TELAGASARI BERPRESTASI

K3S TELAGSARI-.Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2010 yang dipadukan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia Ke-65. Upacara peringatan yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan Karawang tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara, MH, Selasa (28/12

 Bupati Ade Swara dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 65 ini, mengambil tema yaitu : “Memacu peran strategis guru, dalam mewujudkan guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera”. ”Tema ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak tentang pentingnya peran strategis guru dalam pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bangsa yang berkualitas memerlukan pendidikan berkualitas dan guru yang berkualitas pula. Disisi lain, kita ingin guru bangkit dan mampu memperbaiki kinerjanya dalam mewujudkan guru yang profesional dan bermartabat untuk mengawali dan mewujudkan semua itu, diperlukan organisasi profesi guru yang kuat.

Bupati melanjutkan, peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini memiliki makna penting, terlebih saat ini pemerintah sedang dan akan terus secara sungguh-sungguh berupaya memberdayakan guru, sehingga benar-benar tumbuh dan berkembang secara profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan perlindungan bagi mereka.

Menurut Bupati, peningkatan dan pengembangan kompetensi guru saat ini juga sedang didesain pola pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru-guru di seluruh tanah air. “Dengan pola ini diharapkan kompetensi dan kinerja guru akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan jenjang jabatan fungsional dan pengalaman kerjanya,” jelasnya.

Bupati menambahkan, pemerintah daerah pun tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalisme guru dan kesejahteraan guru. Hal ini dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dengan menggandeng pihak-pihak yang berkepentingan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi guru sebagai bagian dari standarisasi kompetensi guru secara nasional.

Sebagai tindak lanjut upaya tersebut, bagi guru-guru yang sudah memiliki sertifikat profesi, pemerintah memberikan tunjangan profesi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik guru di sekolah negeri maupun guru di sekolah swasta. “Sehingga para guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional,” tambahnya.

Di akhir sambutannya Bupati juga mengajak para guru dan seluruh elemen pendidikan di Kab. Karawang untuk menjadikan peringatan ini sebagai momentum guna menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa, dimana guru memegang peran terpenting dalam mempersiap kan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Ade Swara yang baru dilantik sebagai Bupati Karawang tersebut memberikan sejumlah penghargaan terkait sejumlah kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan Hari Guru Nasional. Mereka yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Guru SD Berprestasi Tahun 2010 : Juara I -Satu Ali dari SDN Karang Pawitan I, Juara II – Ani Kustini dari SDN Telagasari I, Juara III – Didin dari SDN Cinta Asih I.

Guru SMP Berprestasi Tahun 2010 : Juara I – Rita Handayani dari SMPN 1 Tirtamulya, Juara II - Hermawan dari SMPN 2 Telukjambe, Juara III – Deri Rusdiana dari SMPN 1 Jatisari. Guru SMA Berprestasi Tahun 2010 : Juara I : Agus Setiawan dari SMAN 1 Jatisari, Juara II – Udin Sasmita dari SMAN 1 Telagasari, Juara III – Wia Cuwiarsih dari SMAN 5 Karawang.

Turnamen Bola Voli Antar UPTD TK, SD, MKKS SMP, dan MKKS SMA/SMK Tahun 2010 Putra : Juara I – Kec. Lemahabang, Juara II – Kec. Tirtamulya, Juara III – Kec. Batujaya.  Turnamen Bola Voli Antar UPTD TK, SD, MKKS SMP, dan MKKS SMA/SMK Tahun 2010 Putri : Juara I – Kec. Kotabaru, Juara II – Kec. Cikampek, Juara III – Kec. Telukjambe Barat. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar